Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami – KEMATIAN (8 Oktober 2021) – Di masa pandemi virus Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat, tubuh membutuhkan perlindungan ekstra. Workshop ini bertemakan “Efek sinergis antara universitas dan masyarakat selama pandemi Covid-19 berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) melalui kegiatan kuliah kerja nyata” bagi mahasiswa yang melakukan perkuliahan kerja nyata di Universitas Diponegoro. Saya meminta Anda untuk membuat program. Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan secara online di tempat tinggal masing-masing mahasiswa.

Kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan dan membawa hand sanitizer saat bepergian seringkali masih rendah. Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara mencuci tangan yang benar. Jesinia Yuliana Dewi, mahasiswa teknik geoteknik Universitas Diponegoro, telah membuat program kerja yaitu edukasi tentang produksi hand sanitizer alami di Desa Jambean Kidul. Pembersih tangan alami yang terbuat dari daun sirih dan jeruk nipis. Menurut Razak (2013), jeruk nipis mengandung bahan kimia yang mencegah pertumbuhan bakteri. Daun sirih mengandung zat antiseptik yang membunuh bakteri dan jamur serta memiliki sifat antioksidan (Hapsari, 2020).

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Edukasi yang diberikan, pembagian poster ‘Tips Membuat Hand Sanitizer Alami’, serta video tutorial cara membuat hand sanitizer dan cara penggunaan hand sanitizer yang benar dan benar dapat diakses melalui link di bawah ini. https://www.youtube.com/watch?v=wBu3D44UxJE

Pencegahan Covid 19 Dengan Pembuatan Dan Pembagian Hand Sanitizer Di Universitas Muhammadiyah Palopo

Pembuatan hand sanitizer alami dari daun sirih dan jeruk nipis memiliki beberapa keunggulan: bahannya mudah didapat, biayanya murah, ramah lingkungan, tidak menyebabkan iritasi, dan efektif sebagai pembersih tangan berbahan kimia. .

Cara membuat hand sanitizer alami ini sangat mudah. Cuci sekitar 15-20 lembar daun sirih di bawah air mengalir. Potong daun sirih menjadi potongan-potongan kecil. Tempatkan potongan daun ke dalam mangkuk berisi ±200ml air panas atau segelas air. Kukus mangkuk dengan api kecil selama sekitar 30 menit untuk mengekstrak ekstrak daun sirih. Dinginkan setelah 30 menit. Peras 1-2 jeruk nipis. Saring ekstrak daun sirih berulang kali hingga daun sirih terpisah dari ekstraknya. Campurkan ekstrak daun sirih yang sudah disaring dengan air perasan jeruk. Tuang campuran tersebut ke dalam botol dan hand sanitizer alami siap digunakan. Produk hand sanitizer alami ini diharapkan menumbuhkan kreativitas dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. LPPMundip, #P2, #Pedurangan, #TlogosaiKulon, #undip, #Universitas Diponegoro, #YoyokBudiPramono, #YukyMilendraFebriansyah, PotensiDesa

Semarang (25/01/2022) – Penularan langsung Covid-19 dapat terjadi melalui kontak langsung seperti sentuhan. Sentuhan yang paling umum adalah tangan. Oleh karena itu, virus Covid-19 yang ada di tangan dapat dengan mudah menular dari satu orang ke orang lain atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain hanya dengan menyentuh tangan. Untuk meminimalkan penularan dan penyebaran, kebersihan tangan harus dijaga dengan mencuci tangan secara teratur dengan air bersih dan sabun di bawah air mengalir selama sekitar 20 detik. Namun, saat bepergian atau keluar, mungkin sulit menemukan toilet atau tempat untuk mencuci tangan. Oleh karena itu, menggunakan hand sanitizer bisa menjadi salah satu solusi untuk membersihkan tangan dari kuman.

Pembersih tangan umumnya cenderung menggunakan bahan kimia, yang dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan Anda. Contoh efek kimia dari hand sanitizer adalah kulit bisa menjadi kering dan teriritasi. Agen harus dicari. Berbagai tumbuhan diketahui mengandung berbagai zat aktif yaitu saponin, flavonoid dan minyak atsiri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri, dan daun sirih Salah satunya.

Ini Cara Membuat Antiseptik Dari Jeruk Nipis, Mudah!

Sirih merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Tumbuhan ini adalah tumbuhan panjat, tumbuhan panjat, tumbuhan panjat. Bagian tanaman sirih seperti akar, biji dan daun memiliki potensi terapeutik. Namun, daunnyalah yang paling sering digunakan dalam pengobatan. Daun sirih mengandung senyawa flavonoid, polifenol, tanin dan minyak atsiri. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat tradisional. Hal ini karena minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antiseptik dan merupakan komponen penting untuk mencegah berkembangnya bakteri patogen. Daun sirih juga memiliki kemampuan antiseptik, antioksidan dan fungisida

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia S.) merupakan salah satu tanaman yang mudah ditemukan di masyarakat dan banyak digunakan sebagai ramuan tradisional atau campuran untuk rasa dan aroma. Selain digunakan sebagai aroma, jeruk nipis juga mengandung unsur senyawa yang bermanfaat seperti minyak atsiri dengan sifat antibakteri. Minyak atsiri merupakan flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan Staphylococcus aureus (bakteri kulit) dan memiliki aroma yang khas. Selain itu, jeruk juga sarat dengan antioksidan, yang membantu mencegah reaksi oksidatif dalam produk.

Selain itu, daun sirih dan jeruk nipis merupakan bahan baku lokal yang melimpah, harga produksi yang rendah, dan kandungan senyawa bioaktif yang efektif dalam mencegah pertumbuhan dan kematian mikroorganisme. Oleh karena itu, ekstrak daun sirih yang dicampur dengan ekstrak jeruk nipis merupakan kombinasi yang tepat untuk membuat hand sanitizer alami.

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Minimnya pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan dan pemanfaatan bahan alam sebagai hand sanitizer (pengawet) menjadi dasar dilaksanakannya program ini. Khasiat antiseptik daun sirih dan jeruk nipis belum diketahui, sehingga kedua bahan alami ini hanya digunakan untuk keperluan kuliner dan terapeutik.

Hand Sanitizer Alami

Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan kegiatan edukasi untuk membuat hand sanitizer alami dari daun sirih. Yuky Milendra Febriansyah, mahasiswi S1 Teknik Kimia Universitas Diponegoro dan anggota Dosen Kerja Nyata () Tim Undip 1 2021/2022, tentang pembuatan hand sanitizer alami dari daun sirih Melakukan program edukasi. Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat sekitar Desa Trogosari Klong. Program kerja ini akan dilakukan untuk membuat suatu produk berupa hand sanitizer daun sirih yang dapat dibagikan kepada masyarakat dan dibuat oleh masyarakat umum.

Dalam kegiatan ini, Anda akan membuat hand sanitizer alami dari daun sirih. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer ini adalah daun sirih, jeruk nipis, dan air matang. Langkah membuat hand sanitizer adalah dengan merebus dan mengekstrak daun sirih. Air rebusan tersebut disaring. Setelah disaring, buat campuran 15% ekstrak daun sirih dan 8% jus jeruk dan larutkan dalam air mendidih hingga homogen. Daun sirih dengan kandungan ekstrak 15% atau lebih yang setara dengan kandungan alkohol dan etanol yang dapat digunakan sebagai bahan pembersih tangan.

Produk pembersih tangan alami yang diekstrak dari daun sirih dalam botol semprot 100ml. Hal ini juga ditunjukkan pada kemasan produk. Label kemasan memberi tahu Anda cara membuat pembersih tangan alami dari daun sirih. Simak petunjuk label kemasan hand sanitizer saat produk habis agar masyarakat bisa membuat hand sanitizer alami dari daun sirih. Didistribusikan ke daerah sekitar desa.

Selain membuat produk dan label hand sanitizer yang mencantumkan langkah-langkah pembuatan hand sanitizer alami dari daun sirih, juga dibuat video tutorial pembuatan hand sanitizer alami dari daun sirih. Video tutorial cara membuat hand sanitizer alami dari daun sirih telah diunggah di youtube [link] agar masyarakat lebih mudah memahami cara membuat hand sanitizer alami dari daun sirih dan membantu masyarakat umum untuk dapat mengaksesnya.

Murah Dan Alami, Ini Cara Gampang Bikin Hand Sanitizer Sendiri

Setelah selesainya kegiatan ini, diharapkan masyarakat desa Tlogosari Kulon dapat menjaga kebersihan tangan minimal bebas virus. Hand sanitizer terbuat dari bahan-bahan organik yang mudah ditemukan di masyarakat. Dengan membagikan hand sanitizer ini, penulis mengajak masyarakat untuk mengisi kembali botol hand sanitizer daun sirih jika sudah habis, dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di lingkungan mereka. Pandemi Covid-19 telah banyak berubah. Untuk tindakan masyarakat untuk tetap sehat untuk mencegah penularan penyakit. Salah satunya adalah selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer. Masalah yang muncul adalah harga hand sanitizer yang tidak terjangkau bagi sebagian orang. Maka dari itu mahasiswa Program Penelitian KKN FKIP terdorong untuk membuat hand sanitizer sederhana dari bahan-bahan alami yang mudah didapat. Saya mencoba membuat disinfektan. Ismi Fauziah Zainurrobbi menggunakan daun sirih dan jeruk nipis sebagai bahan utama. Menurut dia, jeruk nipis mengandung kandungan kimia seperti flavonoid, alkaloid, tanin, minyak atsiri, dan saponin yang memiliki aktivitas antibakteri, sehingga dapat digunakan untuk membuat hand sanitizer. Jeruk nipis dapat mencegah pertumbuhan Staphylococcus aureus secara in vitro. Daun sirih telah digunakan sebagai antiseptik alami dalam berbagai obat tradisional karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Daun sirih telah digunakan sebagai obat kumur dan obat luka sejak tahun 1960-an hingga saat ini. Daun sirih mengandung minyak atsiri, senyawa yang bertindak sebagai agen antibakteri.Sepertiga dari minyak dalam daun sirih adalah fenolik, yang sebagian besar adalah kavikol. Ini lebih mudah menguap daripada fenol atau kaviul biasa, lima kali lebih efektif sebagai pengawet, dan memiliki bau khas daun sirih.

Cara membuat hand sanitizer ini sangat mudah. Bahan yang digunakan adalah 50 gram daun sirih, 4 buah jeruk nipis dan 200 ml air bersih. Alat yang diperlukan adalah panci perebusan, wadah, saringan, gunting, dan botol semprot. Cuci daun sirih sampai bersih dan potong kecil-kecil. Tuang daun sirih dan air bersih ke dalam panci lalu rebus hingga mendidih. Angkat dan tunggu hingga dingin. Potong jeruk dan peras jusnya. Campurkan 8ml jus jeruk dengan air rebusan

Cara buat hand sanitizer alami, cara membuat hand sanitizer sederhana, cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami, cara membuat hand sanitizer cair, cara membuat hand sanitizer dari bahan alami, membuat hand sanitizer alami, cara membuat gantungan hand sanitizer, cara membuat hand sanitizer bahan alami, cara membuat hand sanitizer sendiri, cara membuat hand sanitizer mudah, cara membuat hand sanitizer spray, cara membuat hand sanitizer